Sabtu, 26 September 2015

Gambaran biaya akuisisi dari asuransi Prudential


Produk utama dari Prudential adalah Unitlink, yang merupakan program tabungan karena mengandung unsur investasi dengan hanya menggunakan 1 rekening (polis) yang dapat memberikan 2 manfaat :

1. Proteksi 
-  Mengcover biaya rawat inap rumah sakit dan operasi.
-  Mengcover biaya sakit kritis dari stadium awal hingga stadium akhir.
-  Dana santunan cacat tetap total karena kecelakaan
-  Mengcover penghasilan bulanan dengan pembebasan pembayaran premi seandainya terjadi sesuatu        
   dengan nasabah.
-  Dana santunan kematian (dana pertanggungan jiwa)

2. Investasi (Tabungan)
Manfaat asuransi yang berhubungan dengan tabungan dengan tingkat bunga (keuntungan) seperti investasi di saham yang bisa mencapai keuntungan tinggi (tergantung perkembangan saham di market bursa, semakin besar hasil investasi maka semakin besar pula resikonya), atau dapat pula menggunakan investasi yg tingkat bunga (keuntungan)nya aman atau hampir menyerupai obligasi maupun deposito (investasi aman dengan tingkat resiko kecil).

Maka untuk biaya akuisisi akan dikenakan dari sisi 'proteksi' nya saja yaitu berupa pembayaran premi berkala.

Ilustrasi : 
Jika ada nasabah nabung 1 juta/bln dengan pembagian porsi manfaat Proteksi sebesar Rp 750rb/bln dan Investasi/Saver Rp. 250rb/bln. Maka biaya akuisisi hanya dikenakan dari porsi Proteksi yang sebesar 750rb nya saja. sedangkan utk porsi Investasinya hanya dipotong 5% selama polis aktif sebagai biaya administrasi dan pengelolaan investasi.

Biaya akuisisi berupa premi berkala tersebut dibebankan selama hanya 5 tahun dgn pembagian persentasinya per-tahun sebagai berikut :
Tahun 1         : 100% nilai Premi berkala akan dibebankan sebagai biaya akuisisi
Tahun 2         : 60% yg akan dibebankan sebagai biaya akuisisi, sedangkan sisanya 40% masuk ke Investasi.
Tahun 3-5      : 15% yg akan dibebankan sebagai biaya akuisisi, sedangkan sisanya 85% masuk ke Investasi.
Tahun 6 dst,   :100% seluruh total premi yang dibayarkan masuk sepenuhnya untuk Investasi.

Itulah mengapa di Prudential, perkembangan investasi nasabah di tahun-tahun awal terutama tahun 1 dan 2 sangat lah kecil karena premi belum maksimal dialokasikan ke investasi. 


Tapi dengan melihat performa real hasil rata-rata Investasi Prudential yang bisa mencapai 25,56% sejak awal diluncurkan, dapat dipastika bahwa investasi tersebut sangatlah berkembang setelah tahun ke 5 s/d thn ke 10 atau bahkan sampai dgn usia pensiun. Dimana nilai investasinya akan lebih menguntungkan.
 Sebagai catatan, di tahun 2009, nilai investasi bersih rata pertahun Prudential dapat mencapai 100,63%.
Terus, apakah nasabah dirugikan dengan nilai investasi kecil di awal-awal tahun ? Jawabannya 'tidak'.
Karena nasabah akan dicover puluhan hingga ratusan juta rupiah seandainya mengalami resiko seperti rawat inap rumah sakit / sakit kritis / kecelakaan / meninggal.

Seandainya seorang nasabah baru saja menabung 4/bulan dengan premi kira-kira 1 - 2 juta/bulan dan terjadi resiko-resiko rawat inap rumah sakit / sakit kritis / kecelakaan / meninggal pada nasabah tersebut yang mana sudah pasti membutuhkan dana puluhan bahkan ratusan juta rupiah dalam waktu yang singkat, maka Prudential siap menanggung dana tersebut sesuai yg tertera pada polis.
Maka tidak 'fair' jika disebut nasabah asuransi tersebut dirugikan.


Tapi ada baiknya pada saat ingin merencanakan utk mengikuti program asuransi, lebih diperhatikan porsi Proteksinya dibanding porsi Investasi (Saver). Jadi, utamakanlah Proteksi diri terlebih dahulu, baru memikirkan untuk berinvestasi. Karena percuma jika memiliki banyak investasi tapi tidak terproteksi karena jika terjadi resiko seperti, rawat inap rumah sakit / sakit kritis / kecelakaan / meninggal. Maka semua investasi yang dimiliki akan sirna dalam sekejap untuk memproteksi diri. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

Note :
JIka anda berniat menyisihkan minimal 20% dari gaji / penghasilan anda untuk ditabungkan di Pt. Prudential Life Assurance, jangan sungkan untuk menghubungi saya baik via sms, whatsapp (0817-90-36-581), email (febzeroichi@gmail.com), dan bbm (7F87274E).
Saya siap membantu anda untuk segera memiliki proteksi dalam hidup anda dan keluarga dengan menabung di Pt. Prudential Life Assurance. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar